Selasa, 14 Februari 2012

CINTA TAK HARUS MEMILIKI


Cinta sering hadir dalam bentuk menyiksa, bahkan datangnya adalah bencana. Itulah sepenggal kalimat yang mewakili apa yang dialami Rina.

Pagi itu saya ketemu Rina di koridor kampus, tapi tidak sempat ngobrol banyak karena kuliah sudah mau mulai. Hanya sekedar say hallo lalu masing-masing ke ruang kuliah. Saya ikut kuliah Statistiknya Pak Bram, dan Rina mengikuti kuliah Manajemen nya Pak Yusran. Saya dan Rina dulu satu kelas, tapi karena masuk semester empat, kuliahnya sudah sistem belanja jadi tidak semua jam kuliah saya dan Rina sama.

Sekilas hari itu Rina tampak sangat pucat, karena khawatir akan keadaannya, selesai kuliah saya langsung nyari Rina. Saya dapatnya Rina sedang menemui Dosen Pembimbing Akademiknya di ruangan dosen.

“Rin..kamu sakit yah?” tanyaku, begitu Rina keluar dari ruangan Dosen.
“Kamu itu, bikin kaget saja, tiba-tiba muncul didepan pintu?
”Rina…kamu kenapa?, sepertinya kamu sakit deh” balasku sambil mengamati mukanya yang tampak makin pucat ketika berada diluar ruangan.
“Gak koq, saya sehat-sehat aja”
“Rin…muka kamu pucat banget”.
“Dew…kamu itu kayak dokter aja, nih…saya baik-baik aja koq”, ucap Rina sambil sok-sok pamer otot.
“Ya udah kalo mang kamu gag apa-apa, gimana kalo kita ke kantin yuk, dari tadi saya lapar nih” ajakku sambil narik lengan Rina.
“Gag, saya gag lapar, kalo kamu mau makan nanti saya temanin” tolak Rina.
“Hemmm…tumben, ya deh saya traktir kamu, biasanya kan kalo traktiran, biar gi kenyang mau juga makan” tawarku.
“Sorry Dew, kali ini saya benar-benar gag pengen makan” tolak Rina lagi.
“Gag pengen makan apa gag lapar?” godaku.
“Dua-duanya”, balas Rina.
“Yee…gag percaya”, ejekku lagi sambil jalan menuju kantin.

Di kantin, Rina benar-benar tidak memesan makanan. Sambil menikmati makanan saya, sesekali saya melihat ke arah Rina, “kayaknya Rina gi gag sehat betul”, pikirku.
”Dew…saya ke toliet dulu yah, tolong tas dan hp saya titip ma kamu yah”
“Iyya jeunk, jangan lama-lama yah, entar saya gadein hp kamu ke Ibu Kantin, hahahaha”
“Terserah, asal kamu senang sayang”

Tidak cukup beberapa menit Rina ke toilet, hp Rina bunyi. Tampaknya ada telepon masuk, terlihat nama My Idol yang tertulis dilayar hp Rina. “Siapa yah My Idol?”, biasanya Rina cerita deh kalo ada apa-apa. Karena tidak diangkat, pengirim dari My Idol mengirim sms ke hp Rina. Didorong rasa penasaran, saya berani buka dan baca isi smsnya. “Ndut…ingat kamu harus diet yah, kalo mau saya jadiin pacar” begitu isi sms dari My Idol. Membaca sms itu saya kaget dan saya pikir Rina tidak perlu tau sms itu, lebih baik didelete aja. “Si pengirim sms itu, maksa Rina buat diet, biar Rina diterima jadi pacarnya? “ batinku.

“Sorry Jeunk, saya kelamaan di toliet, antri boo”.
“Gag papa, saya juga belum selesai makan koq”.
“Hp saya gag bunyi yah?”
“Tadi sih bunyi, tapi saya gag angkat”
“Darimana?, pasti dari dia deh”.
“Dia itu siapa Rin”
“Ada dehh, mau tau aja”.
“Ya udah kalo gag mau bilang-bilang”.
“Hehehe…Dew, saya lagi jatuh cinta nih”
“Ha??? Ma siapa?”
“Ya ma cowoklah”
“Iyya, tapi ma siapa?, oww..saya tahu, pasti ma satpam kampus yah?”
“Woyee, sembarangan kamu”
“Siapa suruh, maen rahasia-rahaisaan ma saya”.
“Iyya deh, saya gi jatuh cinta ma ketua Himpunan’.
“Ha??? Sama Kak Iful?, gag salah?”
“Yee..mang kenapa? Kalo saya suka sama dia?”
“Iyya gag papa sih sebenarnya, tapi mikir-mikir dulu deh, saingan kamu seabrek-abrek jeunk”.


Selesai makan di kantin, Dewi dan Rina balik ke fakultas buat ikut kuliah lagi.
“Dewi..Wi…Wi..liat ke parkiran tuh”
“Ihhh…ihhh..ada apa sih Rin, kamu itu kayak kesambet aja”
“Wi…tuh K.Ipul, dia liat ke saya gag?”
“Pede kamu, K.Ipul gag nengok ke kita sama sekali, malah aseeek ngobrol sama Fita”
“Huffttt….padahal hari ini saya dah dandan cantik, tapi rugi kalo gag ketemu ma K.Ipul”
“Cantik apan, muka kamu itu kayak mayat hidup”
“Sembarangan kamu Dew”
“Iyya, muka kamu pucat say, dah berapa minggu gag makan sih?”
“Tiap hari sih makan, cuman makan roti duank”
“Rin..ngapain sih kamu nyiksa diri banget, bela-belain lagi diet ketat cuman buat narik perhatian ma cowok kayak dia”.
“Wi…barusan saya jatuh cinta sekeras ini”
“Makan tuhh cinta”

“Hari ini tanggal 13 Februari, artinya besok hari Valentine dehh”, pikir Rina
“Gimana kalo saya ngasih kado ke K.Ipul yah, tapi kado apa?”
“Hemmm…gimana kalo jam tangan aja, dia kan paling suka pake jam tangan. Kali-kali aja, kalo saya kasih kado, syarat dan ketentuan jadi pacarnya bisa dihapus, heheheeh”
“Tapi uangnya darimana yah?, pasti gag enak minta uang sama mama cuman buat beli kado valentine”
“Yappp, buka celengan aja, pasti cukup deh”

Tanggal 14 Februari pagi, Rina buka celengannya. Ternyata isinya lumayan, ada sekitar Rp.535.000. Rina makin semangat buat ngasih kadonya.
Pagi itu Rina bolos kuliah, Rina mau hunting jam tangan paling Keren buat K.Ipul.
Dan di kampus Dewi dah nungguin Rina, tapi Rina gag muncul-muncul.
“Hufftt…Rina kemana yah?, jangan-jangan dia sakit”, pikir Dewi khawatir.
“Telpon akhh”
“Rin….kamu dimana?”
“Ada deh”
“Kamu gag ngampus yah?”
”Dew…izinin saya yah ma Pak Pram, please”
“Emang kamu dimana sih?”
“Di pasar loak”
“Ngapain?”
“Nyari barang bekas, hahahaha”
“Woyyee, seris nih”
“Iyyaaa…saya gi di mal”
“Ngapain di mal sepagi ini”
”Nyambi jadi cleaning service”
“Serius dunk”
“Wi, saya gi hunting jam tangan nih”
“Buat?”
“Buat K.Ipul, kan hari ini Valentine”
“Alay banget sih kamu, pake acara kado-kadoan segala”
“Biarin”
“Ya udah, terserah kamu deh”

Rina senang sekali dapat jam tangan model terbaru, “pasti K.Ipul senang terima kado dari saya deh”.
Tapi tiba-tiba tubuh Rina terhuyung jatuh tepat di pintu keluar mal, satpam langsung menelepon ambulance, karena takut terjadi apa-apa. Karena di log panggilan keluar hp Rina, nomor Dewi yang terakhir dihubunginya, jadi satpam menghubungi Dewi dan memberitahu kalo Rina jatuh pingsan dan sekarang sudah ada di rumah sakit. Dewi kaget dan langung menuju rumah sakit.

“Rin..Rin…kamu kenapa? Bangun dunk Rin…please”
“Dok…teman saya kenapa?”
“Mbak, teman anda ini kena kwashiorkor yaitu efek yang diderita oleh orang yang diet ketat sampai kekurangan gizi”
“Ha???, sampai segitunya kamu Rin, demi cinta semua kamu lakukan hal-hal konyol seperti ini”
“Mbak…ini barang teman anda”
“Ohh iyya, makasih mas dah nolongin dan bawa teman saya ke rumah sakit”
“Sama-sama mbak, saya pamit dulu”, ucap satpam itu.
“Iyya silahkan, sekali lagi terima kasih”.

Sekitar 10 menit, Rina pun siuman. Tap sepertinya Rina masih lemah sekali. Dan belum bisa bicara. Melihat kondisi sahabat saya, emosi saya naik.
“Saya harus telepon K.Ipul, gara-gara dia Rina sampai kayak gini”, pikirku.
“Hallo…K.Ipul, kamu harus tangguang jawab”
”Loh..loh…ada apa ini Dewi?”
“Ada apa ada apa, kamu tahu tidak sekarang kodisi Rina gimana”
“Rina kenapa?”
“Rina sakit, semua gara-gara kamu minta dia diet ketat, sekarang Rina di rumah sakit”
“Ha???, oke..oke…saya kesana sekarang”
“Iyya cepetan”

Tidak cukup 20 menit, K.Ipul pun sampai di rumah sakit, saat itu Rina sudah agak baikan. Tapi dokter menyarankan agar Rina di opname dulu biar kondisi Rina kembali pulih.
Belum sempat ngomong, Dewi dah memberondong Ipul dengan kata-kata pedas saat Ipul muncul di pintu UGD. ”Kamu puas liat sahabat saya menderita kayak gini?, dia bela-belain semua hal yang dia anggap kamu suka. Dia kekurangan gizi begini karena diet ketatnya, itu semua karena dia sayang ma kamu, tapi gag pernah hargain semua usahanya. Kalo kamu mang gag suka ma Rina, lebih baik langsung nolak dia aja. Biar Rina gag perlu nyiksa diri kayak gini.”

“Maafin saya Dew…saya gag maksud nyiksa Rina, tapi cuman minta dia nurunin dikit berat badannya, dan saya gag tahu kalo sampai segini”

“Iyya, karena kamu memang gag pernah pengen tau tentang Rina, dan kamu tau tidak, tadi pagi Rina pingsan di mal waktu nyari kado valentine buat kamu”.
“Aduuuhhh..kenapa sampai segitunya”

Dari tadi Rina cuma nangis aja, liat Dewi emosi sama Ipul.
”Ka Ipul, itu…kado buat kaka, tolong dipake yah, walopun saya gag akan bisa jadi pacar kaka, karena dari sananya memang saya gendut begini, mudah-mudahan K.Ipul dapat pacar yang lebih cantik dari saya”.

“Udah…udah…Rin, gag usah lagi cinta-cintaan ma cowok kayak dia, cinta itu gag menuntut orang lain jadi berubah. Kalo kayak gini kan jadi nyiksa kamu”
“Iyya De..saya dah ikhlas koq, mungkin akan ada orang mau menerima saya apa adanya”
“Ohh…yah, Rin…Dew…saya pamit dulu, masih ada kuliah nanti”
“Iyya silahkan”

“Maaf yah, kadonya saya gag bisa terima, simpan saja buat orang yang lebih baik dari saya”
“Kak..please terima, kado ini saya beli khusus buat kita dan saya bela-belain buka celengan saya buat beli ini kado, saya sadar cinta itu tidak harus memiliki kak”
“Iyya, makasih Rin”. (atik.bondeng)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar